Stock and money

Mendekati akhir tahun ini, isu Fiscal Cliff Amerika Serikat terus bergema di pasar keuangan. Para pelaku pasar mengkhawatirkan terjadinya fiscal cliff. Kekhawatiran ini yang bisa membuat harga-harga instrumen yang beresiko  berguguran, seperti yang terlihat belakangan ini. Saat negosiasi mengenai fiscal cliff antara pihak Demokrat dan Republik menemui jalan buntu, indeks saham rontok, harga komoditi berguguran.

Sebenarnya alotnya negosiasi mengenai fiscal cliff sudah bisa diprediksi sejak awal tahun. Ini karena Demokrat dan Republik memiliki kekuatan yang berimbang di parlemen. Meskipun Demokrat memegang kekuasaan eksekutif namun segala keputusan mengenai kebijakan fiskal harus mendapatkan persetujuan dari parlemen. Parlemen Amerika Serikat menganut sistem bicameral yaitu House of Representative atau bisa disebut DPR dan Senat. DPR AS dikuasai oleh mayoritas anggota Partai Republik sementara Senat dikuasai oleh mayoritas Partai Demokrat. Setiap rancangan kebijakan harus dibahas dulu di DPR. Setelah mendapatkan persetujuan baru dilanjutkan ke Senat.

Bisa dibayangkan akan terjadi tarik ulur yang kuat antara dua partai ini. Republik yang bertindak sebagai oposisi, dari sisi politik, tentu saja tidak ingin menggolkan begitu saja setiap rencana kebijakan dari eksekutif yang dinahkodai oleh Presiden dari Demokrat. Bila rancangan kebijakan ini diblok di DPR yang dikuasai Republik, maka rancangan tersebut tidak bisa dilanjutkan ke Senat dan akhirnya tidak bisa menjadi kebijakan pemerintah. Negosiasi yang alot ini menjadi kekhawatiran banyak pihak bahwa fiscal cliff ini tidak bisa diselesaikan tepat waktu yakni sebelum akhir tahun 2012.

Bagaimana bila fiscal cliff tidak terselesaikan? Hal ini akan memicu berlakunya secara otomatis regulasi yang mengharuskan tidak adanya perpanjangan pemotongan pajak yang meliputi pajak penghasilan, investasi, dll yang diatur pada jaman Presiden George W Bush. Selain itu tunjangan pengangguran juga tidak akan diperpanjang. Anggaran belanja juga akan dipangkas secara masif pada Januari 2013. Dan menurut Kantor Anggaran Kongres, kombinasi dari kenaikan pajak dan pemangkasan belanja akan menarik keluar stimulus sebesar lebih dari $500 milyar dari perekonomian AS dalam 9 bulan pertama di 2013. Ini akan membawa AS masuk dalam resesi di tahun depan karena pertumbuhan GDP akan minus.

Sumber: US Congressional Budget Office

Sumber: US Congressional Budget Office

Resesi di Amerika Serikat yang notabene adalah negara dengan perekonomian terbesar dunia tentu saja akan mempengaruhi perekonomian global. Pelemahan ekonomi bisa menular ke seluruh dunia. Apalagi bukan hanya AS yang resesi tapi kawasan Eropa yang juga mengalami resesi ekonomi. Ekspansi bisnis yang direncanakan pada akhir tahun lalu oleh perusahaan-perusahaan AS akan urung dilaksanakan karena kenaikan pajak dan proyeksi penurunan permintaan. Bisnis menyurut akan menyebabkan tingginya tingkat pengangguran dan merembet ke indikator kesehatan ekonomi lainnya.

Pada Bulan Desember ini, negosiasi akan terus berlangsung dengan deadline yang kian dekat. Pihak Demokrat menginginkan tidak adanya kenaikan pajak bagi warga negara yang berpenghasilan di bawah $250.000 dan menaikan pajak penghasilan untuk warga yang berpenghasilan di atas $250 ribu. Sementara Partai Republik menolak usulan itu, mereka menginginkan agar seluruh warga negara tidak mengalami kenaikan tanpa terkecuali dan memangkas belanja untuk program kesehatan medicare yang dirancang Obama. Negosiasi diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga mendekati batas waktu di akhir tahun ini.

Oleh karena itu, isu fiscal cliff ini akan menjadi fokus dan motor penggerak utama pasar keuangan di bulan Desember ini. Sentimen risk appetite atau minat terhadap resiko akan didukung oleh negosiasi yang berhasil sementara sentimen risk aversion atau alih resiko akan diprovokasi oleh negosiasi yang menemui jalan buntu.

 

BAGIKAN
Artikel SebelumnyaThe Fed bikin Baper
Artikel SelanjutnyaApa sih Modal Kerja?

25 KOMENTAR

  1. Menurut saya
    Amerika Serikat yang notabene adalah negara dengan perekonomian terbesar dunia tentu saja akan mempengaruhi perekonomian global.
    Ketika fiscal cliff tidak dapat diselesaikan antara 2 Partai Demokrat dan Partai Republik di As akan berdampak pada pelemahan ekonomi As yang bisa menular ke seluruh dunia. Termasuk juga Indonesia,dalam bidang bisnis yang menyurut akan menyebabkan tingginya tingkat pengangguran dan merembet ke indikator kesehatan ekonomi lainnya atau bidang ekonomi yang lain.

  2. Menurut pendapat saya, dampak dari krisis di Amerika Serikat terhadap Indonesia yaitu Ekspansi bisnis yang direncanakan perusahaan-perusahaan AS ke Indonesia bisa saja akan gagal terlaksana karena kenaikan pajak dan proyeksi penurunan permintaan. Investasi yang masuk ke Indonesia akan berkurang. Bisnis menyurut akan menyebabkan tingginya tingkat pengangguran dan merembet ke indikator kesehatan ekonomi lainnya.

  3. Jadi, Relevansi krisis yang terjadi di Amerika Serikat yg terjadi yaitu krisis moneter efeknya dirasakan oleh setiap negara, termasuk Indonesia. Karna Indonesia dengan Amerika Serikat terjalin hubungan perdagangan yg sangat erat. Saat kondisi perekonomian Amerika bergejolak, maka Indonesia merasakan akibatnya. Amerika Serikat merupakan sebuah negara yang terkenal sebagai pusat perekonomian kapitalisme dunia. Dengan kapitalisme tsb maka Indonesia berhak untuk menjalankan sistem perekonomian dgn bebas. Maka itu bisa memperkecil dampak yg dirasakan oleh Indonesia.

  4. Menurut saya relevansi krisis yang ada di Amerika Serikat dengan yang terjadi di Indonesia sangat mempengaruhi. Yang artinya jika Amerika Serikat mengalami krisis maka negara negera berkembang lainnya akan merasakan dampak negatifnya, yaitu mengalami krisis juga karena Amerika merupakan salah satu negara yang sangat berpengaruh di dunia. Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Indonesia, karena Indonesia dengan Amerika memiliki hubungan perdagangan yang erat. Jadi jika Amerika mengalami krisis Indonesia juga akan merasakan hal yang sama jika tidak ada usaha usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

  5. Menurut pendapat saya relevansi krisis yang terjadi di AS dengan Indonesia yaitu ada dan cukup kuat. sebab krisis yang terjadi di AS akan berdampak pada negara-negara lain termasuk Indonesia dikarenakan AS merupakan negara yang memiliki pengaruh besar terhadap dunia. AS merupakan negara dengan perekonomian terbesar didunia, maka jika perekonomian AS melemah akan berdampak secara global.

  6. Bahwa dampak krismon Asia kalah jauh dibandingkan dengan krisis finansial yang melanda dunia sekarang. Sewaktu krismon Asia, setidaknya ada ’surga aman’ atau ’safe heaven’ bagi para investor global, yaitu di Amerika Serikat, Eropa dan Jepang. Investor bisa menjual saham dan surat utangnya di Indonesia, Thailand dan Korea (walau rugi) yang mengalami krisis, dan membeli saham di bursa New York dan London. Sekarang, negara safe heaven pun mengalami krisis ekonomi yang parah. Investor kesulitan mencari safe heaven untuk memarkir dananya dan, karena pasar saham, surat utang dan komoditas semuanya anjlok, cash is king again“.Sementara pasar surat utang terpuruk, mata uang negara berkembang melemah dan harga komoditas anjlok, apalagi setelah para spekulator komoditas minyak menilai bahwa resesi ekonomi akan mengurangi konsumsi energi dunia. Krisis pasar modal (saham dan surat utang) global pada dasarnya hanya memengaruhi investor pasar modal. Tetapi krisis perbankan global bisa mempengaruhi sektor riil ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Inti cerita yang terjadi adalah sektor perbankan AS sedang terpuruk, kekurangan modal, dan enggan meminjamkan dolarnya, termasuk ke bank-bank internasional di Eropa dan Asia.

    Akibatnya, perbankan internasional kekurangan dolar untuk memberi pinjaman ke para pengusaha dunia yang membutuhkan dolar untuk investasinya (untuk impor mesin, bahan baku, dan sebagainya), termasuk di Indonesia, sehingga hal yang bisa dilakukan di Indonesia adalah Hal lain yang dilakukan adalah kebijakan terkoordinasi bank sentral dan pemerintah dunia selebihnya harus ditujukan untuk memenuhi tiga sasaran. Pertama, memulihkan kembali sistem perbankan dan pembayaran global yang lumpuh agar sirkulasi dana internasional bisa normal kembali – dan bank bisa memberi kredit lagi.

    Kedua, mengeluarkan aset bermasalah (terutama surat utang KPR subprime) dari perbankan AS dan memperbesar modal perbankan agar lebih bisa memberi kredit dalam jumlah yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi.

    Ketiga, bank sentral dunia harus berani terus menurunkan suku bunga (untuk membantu meringankan bunga kredit) dan, yang lebih penting, pemerintah harus memperbesar belanjanya untuk pembangunan infrastruktur dan memberi stimulus ekonomi – karena investor swasta enggan berinvestasi dalam krisis likuiditas.

  7. 1510210068 / Pratiwi Daniar Cahyani
    Menurut saya. Lebih baik tidak terjadi fiscal clif. Karena dampak yang di timbulkan lebih sedikit ketimbang jika terjadi fiscal clif.

  8. Amerika mengalami krisis juga akan berdampak Indonesia juga akan mengalami krisis, untuk mengalami krisis tersebut Indobesia juga tidak akan menaikan pajak, sebab kalau pajak dinaikkan akan menambah beban rakyat Indonesia dan secara otomatis kesejahteraan, kesehatan akan menurun dan pengangguran akan bertambah. Tindakan lain yang dilakukan Indonesia adalah memperluas UKM supaya kesejahteraan dan pendapatan masyarakat meningkat dan pengangguran menurun

  9. tidak ada fiscal cliff karena meemang di suatu negara terdapat tingkat pengangguran lebih tinggi dan tingkat perekonomian merendah termasuk negara miskin , oleh karena itu lebih baik menambh pajakk 7% tetapi bertambah baagus perekonomian indonesia.

  10. Gazza Muhammad O
    NPM : 1510210318

    Amerika merupakan sentral atau acuan keuangan bagi banyak negara apabila teejadi krisis fiscal, maka indonesia dan negara lainnya akan terkena dampaknya
    Baik buruk maupun baik

    Seperti kejadian krisis moneter tahun 1998, dimana hampir seluruh dunia mengalaminya

  11. Menurut saya, apabila terjadi krisis di Amerika. Indonesia karna amerika sangat berpengaruh. Tetapi bukan negara Indonesia saja, negara berkembang lain juga pasti akan mengalami pengaruhnya. Karena Amerika merupakan pusat atau kiblat perekonomian di dunia. Yang secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang cukup besar kepada negara lain yang berkembang.

  12. Erpan / 1510209835

    Menurut pendapat saya, Amerika merupakan sentral sekaligus acuan keuangan bagi banyak negara- negara lain. Apabila terjadi kriris fiscal tentu saja akan berdampak ke negara-negara lain. Tentu salah satunya negara indonesia yang berpatok atau ber acuan ke negara Amerika serikat.

  13. Shinta defi / 1520210181
    Menurut saya dampak fiscal cliif di Indonesia adalah menurunnya nilai tukar rupiah, menurunnya bursa saham, selain itu terbatasnya kebebasan Indonesia dalam mendapatkan pinjaman / utang.

  14. Jerry lukita ardy
    1510209829

    Fiscal cliff akan memberikan efek yang baik bagi amerika serikat untuk skenario kedua. Yang akan mempengaruhi perekonomian yg ada di indonesia

  15. Rianita Dwi Putri 1410208758
    Menurut saya , dengan mengenai fiscal cliff jangan sampai terjadi . Jika terjadi akan meningkat lah pengaguran meningkat menjadi perekonomian yang ada akan menurun dan indikator negara akan perekonomian yang sangat turun . Di karenakan banyaknya pengaguran

  16. Perbedaan relevansi krisis yang ada di anerika serikat dengan indonesia :
    Amerika Serikat adalah sebuah negara dimana sektor keuangannya yang memakai Kurs Dollar ini menjadi acuan berbagai negara. Apabila didalam intern pemerintahanya terjadi krisis antar pihak pihak tertentu maka dapat dipastikan hal ini akan berdampak pada pasar modal dan pasar uang. Karena hal ini dapat dipastikan juga ketika terjadi sebuah regulasi yang tidak menentu atau tidak menuai hasil maka akan terjadi sebuah guncang besar yang akan mempengaruhi pergerakan pasar modal dan pasar uang.

    Amerika serikat sekarang memiliki krisis yang ada di intern meliputi :
    1.Demokrat dan republik saling kuat dlm penentuan pasar.
    2. Memicu harga instrument Turun.
    3. Parlemen memiliki kekuatan yg sama.
    4. Amerika menganut sistem bicamentral ( DPR dikuasai masyarakat partai politik & senatnya dikuasi partai demokrat).
    5. Regulasi yg tidak ada perpanjangan potongan pajak penghasilan & investasi.
    6.pertumbuhan keuangan gdp mengalami penurunan.
    7. Fiscal cliff adalah motor penggerak utama pasar keuangan.

    Sedangkan indonesia memiliki krisis :
    1. Gejolak intern antar partai dalam penentuan peraturan negara.
    2. Semakin kompleksnya tingkat peraturan yg dibuat oleh pemerintah indonesia dalam peraturan keuangan dan perekonomian.
    3. Gejolak antar partai memicu penggerakan ekonomi industri.
    4. Indonesia adalah salah satu negara yg mengikuti pasar keuangan yg dibuat amerika.
    5. Regulasi pajak yg tinggi.

    Jadi pada kesimpulannya ketika fiscall cliff ini terjadi maka indonesia akan merasakan dampak dari perubahan tingkat nilai tukarnya. Sedikit saja terjadi perubahan pada sistem pemerintahan anerika serikat maka akan dapat berpengaruh besar pada indonesia.

  17. NAMA : AYU WIDIASTUTI
    NPM : 1310208247

    Relevansi krisis yang terjadi di amerika serikat dengan Indonesia yaitu sangat berbahaya dengan ekonomi di Indonesia.

    Krisis ekonomi di AS mengakibatkan:
    – pengeringan likuiditas sektor perbankan dan insitusi keuangan nonbank yang disertai berkurangnya transaksi di sektor keuangan
    -menurunnya nilai tukar rupiah dan
    -menurunnya bursa saham.

    Pengeringan likuiditas akan memaksa para investor dari institusi keuangan AS untuk melepas kepemilikan saham mereka di pasar modal Indonesia untuk memperkuat likuiditas keuangan institusi mereka.
    Aksi tersebut akan menjatuhkan nilai saham dan mengurangi volume penjualan saham di pasar modal Indonesia. Selain itu, beberapa perusahaan keuangan Indonesia yang menginvetasikan dananya di instrument investasi institusi-institusi keuangan di AS tersebut juga mendapat imbas krisis ekonomi AS.

    Krisis ekonomi di AS yang merambah ke beberapa negara lainnya akan mengancam perdagangan beberapa produk Indonesia yang di ekspor ke AS, Jepang dan kawasan Uni Eropa yang telah berlangsung sejak lama. Hal itu sangat berbahaya mengingat produk ekspor Indonesia sangat bergantung pada negara-negara tersebut, sedangkan di dalam negeri produk yang sama kalah bersaing dengan produk impor China yang lebih murah.

  18. Menurut saya krisis di Amerika juga berdampak di seriap negara termasuk indonesia. Karna amerika dan indonesia terjalin hubungan perdagangan yg erat. Maka itu indonesia juga merasakan dampak dr krisis amerika.

  19. menurut saya relevansi di amerika serikat dengan indonesia adalah kebijakan Fiscal cliff lebih baik tidak ada karena walaupun utang akan menambah tetapi sumber daya manusia tidak mengalami pengangguran, apabila fiscal cliff ada hutang akan lebih rendah to pengangguran akan semakin banyak dan dapat menyebabkan indikator negara menjadi satu langkah lebih mundur dari negara yg penganggurannya lebih sedikit

  20. Menurut saya, dengan adanya fiscal cliff maka begitu dampak yang begitu krisis dialami oleh kebijakan amerika begitupun juga dengan kebijakan di indonesia akan tetapi indonesia lebih dominan dengan memperhatikan tingkat suku bunga dan inflasi.

  21. menurut pendapat saya berpengaruh karena pada dasarnya amerika serikat adalah pusat dari perekonomian di dunia…jadi jika terdapat polemik d perekonomian amerika maka akan berdampak ke seluruh dunia termasuk di indonesia.

  22. Menurut saya relevansinya terhadap Indonesia yaitu saat terjadi fiscal cliff maka pajak di AS akan meningkat dan itu memilki pengaruh di indonesia yaitu indonesia akan menaikan expor nya akibat kenaikan pajak di AS

  23. Menurut pendapat saya adalah…

    Di negara Amerika serikat di mana Mata uang di Sana yang memakai kurs dollar yang Akan menjadi acuan di seluruh negeri.. Di Dalam intern pemerintahan Akan terjadi Krisis antara pihak tertentu yang Akan dipastikan berdampak Pada Pasar modal Dan Pasar uang.ketika terjadi sebuah regulasi yang tidak menentu ..

    Sedangkan di Indonesia juga Berbagai Macam yang mengalami Krisis..

    1.gejolak antar partai di Dalam industri….
    2. Gejolak antar Dalam peraturan negara…
    3. Regulasi Pajak yang tinggi…

    Jadi pada kesimpulannya ketika fiscall cliff ini terjadi maka indonesia akan merasakan dampak dari perubahan tingkat nilai tukarnya. Sedikit saja terjadi perubahan pada sistem pemerintahan anerika serikat maka akan dapat berpengaruh besar pada indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Tuliskan nama anda