Pasar keuangan global tampak sedang dilanda kepanikan. Penurunan besar terjadi di berbagai bursa saham. Indeks dollar AS dalam tren pelemahan. Harga-harga komoditas tertahan dan beranjak turun.

Gonjang-ganjing ini dimulai sejak isu pengurangan stimulus moneter Federal Reserve (Bank Sentral AS) berhembus. Para pelaku pasar khawatir dengan pengetatan moneter ini, likuiditas di pasar berkurang dan harga-harga bisa tertekan. Apalagi ditambah dengan tindakan bank sentral Jepang yang tidak menambah stimulus moneter lagi seperti yang diharapkan pasar.

Yang menarik, biasanya jika ada isu pengetatan moneter dari Federal Reserve, indeks dollar AS menguat. Namun kali ini, indeks dollar AS malah melemah. Ini pula yang menopang harga emas sehingga bertahan di atas level terendah US$1321 saat ini. Pelemahan dollar AS ini kemungkinan disebabkan oleh terjadinya penurunan harga obligasi pemerintah AS (US Treasury) akibat aksi jual. Fenomena ini juga disebabkan oleh isu pengurangan jumlah obligasi pemerintah yang akan dibeli oleh bank sentral AS sehingga mengakibatkan terjadinya sentimen jual terhadap obligasi pemerintah. Penjualan obligasi pemerintah AS biasanya berdampak pada pelemahan mata uangnya.

Pasar akan menantikan rapat kebijakan moneter bank sentral AS yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juni 2013 minggu depan. Ini akan menentukan arah pergerakan pasar ke depannya, bukan hanya dollar AS tapi juga pasar saham, komoditi, obligasi, dll. Keputusan Fed memang memiliki dampak yang besar bagi pasar karena mempengaruhi nilai dollar AS yang sudah menjadi alat tukar internasional.

Bila tidak ada indikasi Fed akan melakukan pengetatan moneter dalam waktu dekat, dollar AS bisa kembali melemah dan bursa saham bisa terdongkrak naik. Demikian pula harga komoditas termasuk emas bisa terdongkrak naik. Dan sebaliknya, bila ada indikasi Fed masih merencanakan proses pengurangan stimulus, kemungkinan kondisi pasar yang ada sekarang ini masih tetap akan berlangsung.

Bila melihat pada grafik pergerakan harga emas. Harga emas bisa melepas bayangan tekanan turun jika mampu melewati area US1500 per troy ons. Di bawah ini, tekanan masih bisa berlanjut dan emas masih berpotensi membuat level terendah baru tahun ini ke level US$1250 per troy ons.

 

27 KOMENTAR

  1. Nia Mahmunah / 1510209831
    Membeli bursa saham, karena lebih stabil dalam tingkat penurunannya. Akan tetapi lebih banyak peningkatannya.

  2. Menurut pendapat saya
    Penjelasan artikel diatas ada beberapa macam investasi yang menguntungkan yaitu bursa saham dan komoditas emas,
    Tapi untuk investasi yang lebih diuntungkan adalah bursa saham karna untuk komoditi emas pergerakannya memang naik tetapi dalam kutipannya ialah “jika mampu melewati area US1500 per troy ons” sedangakan nilai emas sekarang adalah level terendah US$1321 per troy ons jdi blum bisa mencapai titik tertingginya
    Dan sedangkan bursa saham dapat terdongkrak naik ketika dollar AS bisa kembali melemah dan dikasus ini dollar AS telah dinyatakan melemah akibat disebabkan oleh terjadinya penurunan harga obligasi pemerintah AS (US Treasury) akibat aksi jual

  3. Saham karena nilai investasinya lebih tinggi dibanding suku bunga, Surat berharga karena membelinya dengan nilai yg kebih rendah dari Rp. Tanah, Property karena perkembangan tanah dan property sangat tinggi dan harga jual selalu naik.

  4. Jerry lukita ardy
    1510209829

    Instrumen investasi yang lebih menguntung ialah pasar modal. Karena pada pasar modal jika kita investasi besar maka hasilnya besar serta resikonya besar. Jika investasi emas untuk keuntungan dan kerugiannya perubahannya kecil.

  5. Jadi, instrumen investasi yg lebih menguntungkan adalah Investasi saham. Tingkat keuntungan yg dihasilkan jauh lebih tinggi daripada instrumen investasi yg lainnya. Tapi dari segi yg lain saham juga beresiko sangat tinggi. Yaitu saat terjadi penurunan. Jika terjadi penurunan kita bisa menjual saham itu dan membeli saham baru yg lainnya. Tp jika saham yg kita beli naik maka kita bisa menggunakan keuntungan itu untuk membeli saham yg lainnya. Agar saat saham turun kita masih punya cadangan saham yg lain. Dan jika saham sama – sama naik maka kita akan memiliki keuntungan berlipat ganda dan bisa membeli saham yg baru lagi. Itu salah satu keuntungan yg bisa kita dapatkan.

  6. Menurut pendapat saya instrumen investasi yang lebih menguntungkan adalah Salam. Sebab saham termasuk investasi yang high risk high return. kita bisa membeli beberapa saham dari perusahaan yang diperkirakan akan menguntungkan tentunya dengan perhitungan-perhitungan tertentu. pokoknya menurut saya saham adalah instrumen investasi yang lebih menguntungkan.

  7. investasi yang menguntungkan pada keadaan ini adalah saham karena pada saat ini $1321 dan bisa berpotensi level terendah tahun ini $1250

  8. 1510210068 / Pratiwi Daniar Cahyani
    Menurut saya, instumen investasi yang tepat ialah bursa saham. Dalam artikel tersebut terdapat 2 tindakan yang di lakukan oleh Fed antara lain pengetatan moneter dan pengurangan. Stimulus. Di dalam kebijakan pengetatan moneter bursa saham dan emas sama sama naik, tetapi dalam kebijakan pengurangan stimulus bursa saham dalam tingkatan TETAP sedangakan emas TURUN. Dari pernyataan tersebut lebih saya memiliki pendapat investasi di bursa saham lebih menguntungkan. Karena jika kedua kebijakan bisa terjadi bursa saham tidak akan turun. Tapi NAIK/TETAP

  9. Nama : Erpan
    Npm : 1510209835 / SMX-3
    Menurut pendapat saya, yg lbh profit adalah kita membeli saham atau obligasi pada saat price melemah. Dan ketika price saham atau obligasi mendongkrak naik baru kita akan menjual, Disitu akan terjadi profit .

  10. Menurut saya instrumen investasi yang paling menguntungkan adalah pasar saham. Karena setiap tahun pasti terjadi inflasi, dan sebesar apapun inflasi, dalam pasar saham tidak mengalami penurunan yang drastis. Berbeda dengan deposito, emas, obligasi dll, jika terjadi inflasi bunga yang di potong juga besar pula mengikuti pasar dunia. Namun dengan catatan berinvestasi dengan saham juga memiliki resiko yang tinggi. Namun menjanjikan keuntungan yang tinggi pula.

  11. Menurut saya investasi yg lebih menguntungkan investasi pada emas karena jika inves sekarang maka jika harga naik bisa menjual dengan harga tinggi.

    M.rizky kurniawan
    1510210308

  12. Menurut saya instrumen investasi yang lebih menguntungkan adalah investasi saham. Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu perusahaan yang sudah memiliki nama besar. Karena investasi saham merupakan investasi yang memiliki bunga paling besar dibandingkan dengan investasi lainnya, namun dengan catatan resiko dari investasi saham juga lebih besar. Jadi dengan resiko yang besar ini kita harus pintar dalam membeli saham atau kita bisa membeli saham perusahaan lebih dari satu. Selain itu saham yg sudah kita miliki bisa kita jual kepada pihak lain dengan harga yang lebih tinggi daripada saat anda membelinya.

  13. Gazza Muhammad O
    NPM : 1510210318

    Menurut saya, instrument yang tepat ialah jual beli saham, karena lebih menguntungkan

    Apabila saham naik dan price lemah maka kita beli, apabila saham turun maka kita jual
    Disitulah letak profit invest saham

  14. Shinta defi / 1520210181
    menurut saya untuk lebih amannya memilih investasi komositi, contoh emas. karena emas dinilai sebagai investasi yg lebih aman dan nilainya lebih liquid. paling tidak kekayaan kita save.

  15. Menurut pendapat saya investasi yang lebih menguntungkan yaitu investasi emas. Bila melihat pada grafik pergerakan harga emas. Harga emas bisa melepas bayangan tekanan turun jika mampu melewati area US1500 per troy ons. Di bawah ini, tekanan masih bisa berlanjut dan emas masih berpotensi membuat level terendah baru tahun ini ke level US$1250 per troy ons.

  16. Ketika pasar keuangan sedang dilanda kegaduhan akan nilai tukarnya hal ini dapat merimbas kepada tingkat pergerakan saham. Lantaran ketika nilai tukar itu bergerak naik maka harga komoditas akan mengikuti.

    Contoh halnya ketika instrument investasi itu bergerak naik turun maka dapat memicu pergerakan dalam bursa saham di berbagai negara.
    Yang jadi pertanyaannya adalah instrument investasi apakah yang paling cocok dalam mengatasi masalah ini.

    Banyak instrument investasi yang ada dalam pasar modal.
    Seperti contohnya
    Pasar rill = emas dan uang
    Pasar modal = saham,obligasi, surat berharga,sertifikat pemerintah
    Pasar uang = reksadana,valuta,deposit.

    Yang paling menguntungkan ketika dollar itu naik yaitu pasar modal sertifikat pemerintah, surat berharga, obligasi, saham karena tingkat keamanannya .
    Ketika dollar itu turun maka yang paling menguntungkan adalah di pasar rill.

  17. NAMA : AYU WIDIASTUTI
    NPM: 1310208247

    Instrumen investasi yang lebih menguntungkan dimasa krisis adalah Emas.
    emas saat ini bukan lagi sebuah logam yang dibutuhkan, melainkan sebuah instrumen investasi, dan ketika suatu barang sudah dianggap sebagai instrumen investasi prinsip supply dan demand tidak selalu berpengaruh terhadap pergerakan harga (liquid).
    harga emas ditentukan dari pergerakan di pasar dunia, jadi krisis yang terjadi di salah satu negara belum tentu berpengaruh terhadap harga emas kecuali pengaruh negaranya sangat besar untuk ekenomi dunia seperti Amerika Serikat atau China.
    Kenaikan nilai tukar dollar terhadap rupiah membuat penurnan harga emas dunia dalam beberapa tahun terakhir tidak terlalu terasa di Indonesia karena harga emas dunia dihitung dalam dollar jadi meskipun harga emas dunia turun dalam dollar namun penurunannya tertutupi oleh kenaikah nilai dollar terhadap rupiah, hal ini bisa memberikan kita keuntungan ganda jika dollar terus naik disertai dengan kenaikan harga emas, atau juga kerugian ganda ketika harga emas turun dan nilai dollar juga turun.

  18. Rianita Dwi Putri 1410208758
    Menurut saya ,saya memilih untuk investasi saham karena dari menginvestasi saham akan lebih mendapat pengaruh dari peningkatan nilai dollar . Dari itu akan memperketat kebijakan moneter . Maka dari investasi saham tidak akan terlalu berpengaruh dengan investasi kedepan

  19. Menurut saya, investasi yang paling menguntungkan adalah investasi saham adalah suku bunga nya tidak terlalu sering berubah dapat di jual kembali pada saat mengalami kenaikan. Sehingga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  20. Fenty (1510210175)
    .
    Menurut saya, investasi yang tepat adalah bursa saham. Diatas terdapat 2 tindakan yang dilakukan Fed yaitu peraturan ketat pada moneter dan pengurangan. Didalam kebijakan pengetatam mometer bursa saham dan emas sama-sama naik, tetapi kebijakan pengurangan dalam kebijakan tingkatan yang tetap. Sedangkan, emas turun. Saya memiliki pendapat di bursa saham lebih menguntungkan. Karena jika kedua kebijakan bisa terjadi pada bursa saham tidak turun. Tapi tetap(tinggi).

  21. Menurut saya adalah emas dikarenakan apabila Fed akan melakukan pengetatan moneter dalam waktu dekat, dollar AS bisa kembali melemah dan bursa saham bisa terdongkrak naik. Demikian pula harga komoditas termasuk emas bisa terdongkrak naik. Oleh karena itu, sebaikmya menginventasikan emas karena dengan demikian pada kemudian hari bisa menguntungkan dan bisa di tukarkan dengan uang karena Harga emas bisa melepas bayangan tekanan turun jika mampu melewati area US1500 per troy ons walaupun nanti akan turun berpotensi membuat level terendah baru tahun ini ke level US$1250 per troy ons.

    Nama : Abdul Haris
    NPM : 1510210329

  22. Menurut saya instrumen investasi yang lebih menguntungkan dari permasalahan diatas adalah Investasi saham. alasannya karena yang pertama Fed akan membuat kebijakan pengetatan moneter apabila tidak ada indikasi dari bank sentral AS maka dapat menyebabkan saham dan emas naik dan pada saat itu juga apabila memang ada indikasi maka emas akan menurun dibawah rata rata karena pengurangan stimulus yg masih direncanakan fed. maka dari investasi saat itu yang lebih menguntungkan adalah investasi saham.

  23. afif setyo adjie 1510210317
    Menurut saya investasi yang menguntungkan adalah investasi saham karena jika dilihat dalam jangka pendek the fed masih ada kemungkinan mengetatkan kebijakan moneternya maka solusi nya ada investasi jangka panjang yaitu saham 🙂

  24. Nama= MUHAMMAD Candra wibisono
    Npm = 1510209763/smx-3

    Menurut pendapat saya…
    Investasi itu Bergerak Naik turun yang Akan Dapat memicu pergerakan Bursa salam di berbagai macam negara.

    Yang menjadi pertanyaan adalah manakah instrumen investasi yang lebih menguntungkan?

    Banyak sekali investasi yang Ada di Dalam. Pasar modal.
    Dan Banyak lagi macam-macam yang bisa kita dapatkan di Pasar modal… Seperti halnya.
    Pasar rill = emas Dan uang
    Dan Ada juga Pasar modal yang meliputi = Saham,surat berharaga, sertifikat berharaga..

    Yang paling menguntugkan Bagi saya Ketika Mata uang dollar Naik yaitu dengan mengikuti Pasar modal Seperti sertifikat berharga,obligasi Saham Karena tingkat Keamanannya

    Akan tetapi..
    Ketika Saham mulai turun maka paling menguntugkan Bagi saya Adalah Pasar rill…

    Itu lah pendapat saya….

  25. Nadhifia Hibatullah
    1510210303 / SMX – 3

    Menurut pendapat saya, dari keadaan yang dijelaskan, instrumen investasi yang lebih menguntungkan adalah bursa saham. Dalam keterangan di atas terdapat tindakan yang di lakukan fed, yakni peraturan pengetatan pada moneter dan pengurangan. Bursa saham dan emas naik di dalam kebijakan pengetatan moneter. Kebijakan pengurangan dalam tingkatan yang tetap tetapi emas turun. Investasi bursa saham lebih menguntungkan karena kebijakan pengetatan dan penurunan pada moneter bisa terjadi naik turun tetapi tidak mempengaruhi bursa saham.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Tuliskan nama anda