Menurut Kotler, (2003), definisi dari elemen-elemen promotional mix adalah sebagai berikut:

  1. Advertising

Definisi dari Advertising (periklanan) adalah segala bentuk yang terbayar dari komunikasi yang bukan melalui orang tentang organisasi, produk, servis, atau ide dengan menggunakan sponsor. Advertising (periklanan) dapat digunakan untuk mengkreasikan citra merek atau simbol yang mencerminkan nama perusahaan ataupun merek perusahaan. Selain daripada itu keuntungan lain dari adanya periklanan adalah untuk mendatangkan respon dari konsumen untuk mencapai target pasar jika marketing mix (bauran pemasaran) sulit dicapai.

  1. Direct Marketing

Definisi dari Direct Marketing adalah suatu komunikasi secara langsung yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan target konsumen mereka untuk menghasilkan suatu respon atau transaksi secara tradisional. Direct Marketing sudah menjadi bagian yang integral dari beberapa perusahaan sebagai cara untuk menjual produknya. Direct Marketing memegang peranan penting untuk mengintegrasikan komunikasi pemasaran antara konsumen dengan perusahaan serta antara bisnis dengan pemasar.

  1. Interactive atau Internet Marketing

Internet media pemasaran adalah suatu informasi yang dapat digunakan dan di dapat secara langsung pada internet termasuk cd-rom dan televisi interactive, interactive atau internet marketing lebih dikenal dengan istilah Word Wide Web (WWW).

  1. Sales Promotion

Definisi dari sales promotion adalah suatu motif langsung yang menawarkan suatu nilai ekstra pada sebuah produk kepada kekuatan penjualan, distributor atau konsumen dengan tujuan utama untuk mengkreasikan penjualan langsung. Aktivitas dalam sales promotion terbagi dua yaitu :

  • Customer Oriented Sales Promotion : Termasuk sampel, kupon, bonus pack dan event (peristiwa) pemasaran.
  • Trade Oriented Sales Promotion : Termasuk kontes dealer, trade show (seminar perdagangan), dan program-program lain yang di desain sedemikian rupa untuk memotivasi distributor dan retailer (pengecer) dalam meningkatkan penjualannya kepada customer atau pelanggan.
  1. Publicity (Public Relations)

Definisi dari Publicity adalah komunikasi non perorangan tentang suatu organisasi atau perusahaan, produk, servis atau ide yang tidak terbayar secara langsung atau berada di bawah suatu sponsor dari suatu produk. Sedangkan Public Relation adalah fungsi dari manajemen yang mengevaluasi perlengkapan publik, yang mendefinisikan kebijaksanaan dan prosedur dari individu atau perusahaan dengan suatu cara tertentu untuk mendapat respon dari publik.

  1. Personal Selling

Element yang terakhir dari promotional mix adalah personal selling, yaitu suatu bentuk komunikasi antara orang dengan orang dimana seorang penjual mengkomunikasikan cara penjualannya dalam menawarkan produknya kepada pembeli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Tuliskan nama anda