Hai, assalaamu’alaykum wr.wb.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam berbisnis seringkali kita memberikan penawaran-penawaran tertentu kepada pelanggan. Pertanyaannya adalah bagaimana agar pelanggan secara mudah berkenan untuk menerima penawaran yang kita sampaikan?

So, bagaimana caranya kita menyusun penawaran agar orang bisa lebih muda bertransaksi dengan perusahaan kita? Oke, setidaknya terdapat 5 hal yang harus Anda lakukan untuk memastikan penawaran Anda menjadi berhasil.

Strategi pertama yang harus Anda jalankan adalah dengan menciptakan Added Value bagi produk anda. Added Value merupakan manfaat lebih yang dirasakan oleh konsumen ketika mengonsumsi produk Anda. Added value merupakan perwujudan dari strategi penciptaan superior produk dengan konsep diferensiasi. Dari makna ini, dapat kita lihat bahwa added value juga mampu membuat produk kita terkesan memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk pesaing.

Contoh strategi ini adalah misalnya Anda memberikan bonus-bonus tertentu ketika pelanggan mengonsumsi produk Anda seperti memberikan layanan servis gratis jika membeli motor di tempat Anda, memberikan wifi gratis seperti yang dilakukan kedai-kedai kopi sekarang ini, layanan antar jemput cucian atau belanjaan ataupun layanan purna jual yang lain. Intinya adalah produk Anda harus memberikan manfaat lebih yang tidak diberikan oleh pesaing manapun.

Strategi kedua adalah dengan menawarkan paket-paket tertentu. Maksudnya disini adalah dengan Anda memberikan penawaran sekumpulan produk dengan harga yang lebih murah. Contohnya adalah ketika Anda memasarkan alat tulis seperti pulpen, maka Anda bisa menawarkan paket alat tulis yang berisi pulpen itu sendiri, namun dilengkapi dengan penghapus atau stiponya, penggaris dan tepaknya dengan harga paket yang lebih murah.

Penawaran dengan sistem paket ini memberikan kesan yang lebih mudah terhadap produk yang Anda tawarkan, walaupun pelanggan sesungguhnya mengeluarkan uang yang lebih banyak dengan memberi barang yang lebih banyak namun dengan harga yang lebih murah. Strategi ini juga membuat lebih banyak dari produk Anda lebih cepat laku terjual.

Strategi ketiga adalah diskon. Sebenarnya diskon ini merupakan strategi pemotongan harga yang sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Strategi ini tepat bila digunakan pada momen-momen tertentu saja seperti momen hari raya. Strategi ini tidak tepat bila diterapkan setiap hari karena justru akan menimbulkan kesan bahwa produk yang ditawarkan tidak laku terjual sehingga dijual murah dengan memberikan diskon.

Strategi selanjutnya adalah penawaran minimum transaksi. Maksud dari strategi ini adalah dengan memberikan hadiah atau penawaran tambahan kepada pelanggan bila mereka melakukan transaksi dengan jumlah tertentu. Contohnya bila pelanggan membeli pensil dari Anda senilai 100 ribu maka Anda akan memberikan diskon 50% untuk pembelian tas ransel. Strategi ini dapat menimbulkan kesan bahwa pelanggan bisa mendapatkan tas ransel yang lebih murah daripada jika mereka tidak membeli pensil senilai 100 ribu.

Strategi kelima adalah dengan memberikan free offer atau hadiah-hadiah. Free offer ini bisa diberikan kepada pelanggan tetap yang sudah melakukan berapa kali transaksi. Misalnya dengan menerapkan strategi cuci mobil 5 kali gratis 1 kali. Dengan strategi itu, tempat cuci mobil tersebut bisa memiliki kepastian lebih tinggi bahwa pelanggannya akan datang 5 kali walaupun hanya memperoleh penghasilan 4 kali cuci mobil dikurangi 1 kali cuci gratis tadi. Atau secara insidentil tiba-tiba Anda memberikan suvenir gratis kepada pelanggan sehingga ada element of surprise dan menimbulkan kesan yang baik dalam pandangan pelanggan.

So. Itu tadi 5 strategi agar penawaran yang Anda berikan ke pelanggan dapat lebih mudah dilakukan sekaligus membuat transaksi pelanggan terjadi dengan lebih cepat.

 

Jangan lupa untuk share di seluruh media sosial yang Anda miliki agar kita berkontribusi dalam perjuangan membuat Indonesia lebih cerdas.

Well, have a nice day and happy working, Guys. Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Tuliskan nama anda