Hai, assalaamu’alaykum wr.wb.

Oke, ketika Anda mulai berbisnis, Anda biasanya berharap bahwa the business will be okay dan tidak ada masalah yang terlalu berarti. Tapi pada kenyataannya, persaingan pasar dewasa ini berlangsung sedemikian keras dan menuntut Anda untuk memutar otak ribuan kali untuk menjalankan bisnis Anda. Maka pertanyaannya adalah apa yang harus Anda lakukan dalam meluncurkan bisnis Anda dalam persaingan pasar yang begitu menakutkan?

So, bagaimana cara Anda untuk memuluskan langkah Anda dalam menghadapi persaingan pasar yang gila seperti keadaan yang terjadi dewasa ini? Oke, setidaknya terdapat 4 faktor yang harus Anda pikirkan untuk hal ini.

Sebenarnya kunci jawaban dari pertanyaan tersebut terletak pada satu hal yaitu bagaimana kita mengelola kegiatan pemasaran. Mengelola kegiatan pemasaran dalam perusahaan memerlukan rangkaian kegiatan formal, terstruktur dan sistemik. Pengelolaan kegiatan pemasaran ini biasanya disebut dengan manajemen pemasaran, oleh karena dalam aktivitasnya memanfaatkan fungsi-fungsi dalam manajemen. Manajemen pemasaran dilakukan dengan melakukan analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian.

Analisis Pemasaran.
Analisis pemasaran dilakukan sebagai tahap awal dalam mengelola kegiatan pemasaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui berbagai hal terkait dengan aspek internal dan eksternal perusahaan. Dengan mengetahui kedua aspek tersebut maka perusahaan akan tahu bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, dengan apa, oleh siapa, berapa, dan kapan dilakukan. Analisis pemasaran dilakukan dengan memanfaarkan informasi-informasi relevan dengan pemasaran dan melakukan riset agar dapat memperoleh informasi mengenai perkembangan terbaru dari pasar.

Perencanaan Pemasaran.
Rencana pemasaran, merupakan tindak lanjut dari kegiatan pada tingkat korporat dan analisis pemasaran. Rencana pemasaran biasanya diwujudkan dalam satuan bisnis dan berisi beberapa hal, antara lain ringkasan eksekutif, situasi pemasaran saat ini, analisis ancaman dan peluang, tujuan, strategi pemasaran, program kegiatan, anggaran dan pengendalian. Rencana pemasaran akan menjadi panduan operasional mengeksekusi kegiatan pemasaran.

Implementasi Pemasaran.
Implementasi pemasaran adalah, proses yang menjalankan strategi dan rencana pemasaran kedalam kegiatan pemasaran dalam rangka mencapai tujuan pemasaran strategik. Implementasi akan lebih memberikan perhatian kepada siapa, kapan, berapa dan bagaimana kegiatan pemasaran dijalankan. Implementasi pemasaran akan sangat tergantung kepada kemampuan organisasi mensinergikan orang-orang, struktur organisasi, sistem keputusan, imbalan, dan kultur organisasi.

Pengendalian Pemasaran.
Pengendalian pemasaran mencakup proses mengukur dan mengevaluasi hasil dari implementasi strategi dan rencana, dan mengambil langkah korektif untuk menjamin tujuan tercapai. Pertama kali manajemen menentukan tujuan yang akan dicapai, selanjutnya membuat pengukuran pencapaian tujuan sebagai standard capaian. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengukuran atas apa yang telah dicapai dengan standard yang telah ditentukan. Perbedaan yang muncul dari keduanya akan digunakan sebagai bahan melakukan tindakan korektif agar tujuan tercapai. Pengendalian dapat dilakukan dengan pengendalian operasional dan pengendalian strategik.

So, itu tadi 4 aktifitas penting dalam pemasaran agar kita memiliki kekuatan untuk menghadapi persaingan pasar yang sedemikian ketat.

Jangan lupa untuk share di seluruh media sosial yang Anda miliki agar kita berkontribusi dalam perjuangan membuat Indonesia lebih cerdas.

Well, have a nice day and happy working, Guys. Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Tuliskan komentar
Tuliskan nama anda